
Sudah banyak sekali contoh produk lokal
yang bisa bersaing hingga ke taraf nasional bahkan kancah internasional.
Semua produk lokal dengan kualitas unggulan itu biasanya dimulai dari
bisnis kecil dengan jangkauan pasar lokal. Sebelum menyiapkan diri untuk
bersaing di tingkat yang lebih tinggi, mengoptimalkan strategi pemasaran di pasar lokal adalah jalan terbaik untuk mendulang kesuksesan bisnis.
Kiat-kiat apa saja yang membuat proses pemasaran di kancah lokal makin efektif
1. Upaya Branding Melalui Logo dan Tagline
Logo dan tagline adalah salah satu
kekuatan bagi bisnis, baik bisnis baru maupun bisnis yang sudah
dijalankan sejak lama. Sebab logo dan tagline menjadi identitas yang
membedakan suatu bisnis dengan bisnis lainnya. Ketika masyarakat sudah
mengenal logo atau tagline produk kita dengan baik, maka berarti produk
kita senantiasa diingat oleh masyarakat.
Tengok saja seberapa powerful-nya suatu
brand mie instan sehingga setiap mie instan dari brand lain akan tetap
disebut dengan nama dari brand tersebut. Jadi, jangan sepelekan loho dan
tagline yang mencerminkan identitas bisnis kita utama pasar target
market lokal.
2. Gunakan Media Lokal Sebagai Kekuatan
Media lokal seperti surat kabar harian,
buletin atau media lainnya biasanya terbit setiap hari dan menjadi salah
satu andalan masyarakat lokal untuk memperoleh berita terbaru. Dengan
memanfaatkan media lokal sebagai salah satu sarana promosi, berarti kita sudah selangkah lebih maju dalam hal pemasaran di kancah lokal.
Misalnya saja produk kuliner yang
terbuat dari jantung pisang di Yogyakarta. Produk kuliner khas daerah
seperti ini bisa memanfaatkan pemasangan iklan di koran-koran lokal
untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas. Tentu saja masyarakat
Yogyakarta dan sekitarnya jadi mudah tertarik karena lokasinya yang
masih berada dalam satu kota dan mudah dijangkau.
3. Pemasangan Iklan Di Papan Reklame
Meski terdengar konvensional, rupanya
pemasangan iklan di papan reklame masih menjadi salah satu strategi
ampuh bagi pemasaran produk lokal. Apalagi bila daerah lokal tersebut
sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.
Pemasangan iklan di papan reklame harus diletakkan di tempat yang
strategis, mudah dijangkau dan menggunakan pemilihan desain iklan yang
menarik perhatian.
4. Membagikan Brosur Di Sejumlah Tempat Umum
Sejumlah tempat umum seperti halte bus,
terminal, pasar atau stasiun kereta api bisa kita manfaatkan untuk
membagikan brosur atau pamflet pada orang yang sedang berlalu lalang di
sana. Buatlah brosur yang ringkas dan informatif supaya menarik
perhatian untuk dibaca.
Jangan sampai kita membuat brosur yang
terlalu berlebihan sehingga orang malas membaca dan memilih untuk
mengabaikannya. Permainan warna dan ilustrasi produk yang menarik adalah
kekuatan yang membuat brosur menjadi media informatif untuk berpromosi.
5. Menjadi Sponsor Bagi Kegiatan Lokal
Sejumlah kegiatan lokal seperti acara
halal bihalal, acara nonton bareng atau acara tabligh akbar biasanya
menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan bisnis kita. Kita bisa
memulainya dengan menjadi sponsor untuk pendanaan maupun pelaksanaan
operasional pada kegiatan lokal tersebut.
Jangan lupa untuk menyertakan atribut
bisnis yang mengundang perhatian supaya brand bisnis kita semakin
dikenal oleh masyarakat lokal yang berpartisipasi pada kegiatan
tersebut.
6. Ikut Serta Dalam Ajang Pameran
Ajang pameran yang mengusung ciri khas
kebudayaan lokal juga bisa kita manfaatkan untuk mempopulerkan bisnis
kita, terutama jika kita memproduksi produk yang erat kaitannya dengan
budaya lokal. Misalnya saja industri batik tulis di Pekalongan yang bisa
mengikuti ajang pameran batik atau event fashion untuk memperkenalkan
kebudayaan batik Pekalongan pada banyak orang.
Dukungan dari pasar di tingkat lokal
akan menjadi kekuatan dahsyat bagi bisnis kita untuk berkembang di
tingkat yang lebih tinggi lagi. Siapkan diri kita untuk menghadapi era
persaingan global dengan menyajikan produk bisnis yang unggul dan
mempunyai keunikan tersendiri.
EmoticonEmoticon