Setiap pebisnis pasti menginginkan punya
pelanggan yang banyak dan setia. Namun ternyata tidak mudah untuk bisa
mempertahankan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Ada banyak
penyebab yang membuat para pelanggan ini kemudian berhenti berlangganan
dan berpindah pada yang lain. Pelanggan yang juga manusia dengan rasa
dan emosinya kadang menjadi tantangan sendiri buat para pengusaha untuk
mempertahankan mereka tetap membeli produk dan layanan kita.
Setiap pelanggan memang memiliki arti
tersendiri buat pebisnis. Bagaimana tidak, pelanggan yang merupakan
sosok paling berharga dan terpenting dalam perkembangan sebuah bisnis
ini tentu akan menjadi sesuatu yang krusial untuk dipertahankan.
Maka pebisnis sering kali melakukan
berbagai cara agar mereka bisa mempertahankan para pelanggan yang sudah
ada. Namun sayangnya tak semua pebisnis bisa sukses mempertahankan para
pelanggan mereka.
Berikut ada lima tips yang bisa Anda
gunakan agar mampu mempertahankan loyalitas pelanggan dan membuat bisnis
Anda berkembang lebih maksimal.
1. Ciptakan Produk Yang Unik
Umumnya setiap pelanggan memang
cenderung akan tetap bertahan untuk berlangganan pada suatu produk atau
layanan bisnis jika mereka sudah tak menemukan lagi produk yang serupa
dengan produk tersebut. Inilah yang disebut dengan keunikan atau
differensiasi.
Produk yang unik memang selalu membuat
seseorang tertarik untuk membeli dan terus membeli. Ciri khas dan
keunikan yang tidak didapat di tempat lain membuat mereka mau tak mau
harus membelinya dari kita.
Untuk menciptakan produk atau layanan
bisnis yang unik, Anda akan dituntut untuk kreatif. Ya tampil beda
dengan yang lain memang membutuhkan pemikiran dan terobosan yang mungkin
saja belum pernah kita bayangkan. Maka dari itu latihlah sejak dini
kreatifitas Anda untuk menciptakan produk atau layanan bisnis yang unik
dan menarik.
2. Buatlah Pelanggan Anda Merasa Nyaman
Sebagian besar pembeli akan senang jika
ia berbelanja di tempat yang nyaman. Dengan kenyamanan yang didapatkan,
para pembeli ini bisa betah dan berlama-lama berada disuatu tempat
perbelanjaan. Maka dari itu untuk membuat bisnis berlangganan Anda tetap
diminati para pembeli dan pelanggan Anda, Anda harus membuat tempat
Anda jualan menjadi nyaman seperti rumah mereka sendiri saat berbelanja.
Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk
membuat para pelanggan nyaman, seperti memberikan layanan customer
service, memperbaiki dan merenovasi toko dan lain sebagainya. Jika Anda
bisa, cobalah lakukan survei pada para pelanggan Anda tentang apa yang
bisa membuat nyaman mereka berbelanja. Ini akan sangat efektif karena
Anda langsung bisa tepat sasaran saat mengeksekusinya.
3. Buatlah Bisnis Anda Berharga Dimata Konsumen
Di dunia ini sesuatu yang berharga dan
bernilai memang akan selalu dicari banyak orang. Temasuk dalam bisnis,
jika Anda mampu membuat bisnis Anda berharga atau bernilai tinggi
dihadapan mereka, maka Anda akan berpeluang untuk terus mempertahakan
para pelanggan dalam waktu yang lama.
Untuk menjadikan bisnis berharga dimata
konsumen ini tidak harus ditempuh dengan mengeluarkan dana yang besar.
Terkadang hanya dengan senyuman kecil setiap kali pembeli datang akan
membuat bisnis Anda bernilai dan berharga bagi para pembeli dan
pelanggan Anda.
4. Buat Bisnis Yang Menginspirasi
Tips berikutnya yang bisa Anda coba
untuk membangun bisnis berlangganan Anda adalah membuat bisnis yang
mampu menginspirasi. Sebuah bisnis memang seharusnya tak memulu soal
mencari keuntungan. Banyak sekali hal postif yang bisa kita gali dari
sebuah bisnis yang kita jalankan.
Dari membuka lapangan kerja, semangat entreprenur,
membantu orang, mewujudkan impian merupakan beberapa inspirasi yang
bisa muncul dari sebuah bisnis. Maka dari itu cobalah Anda gali sedalam
mungkin, inspirasi apa yang bisa Anda perkenalkan kepada publik dan
pelanggan Anda agar kemudian mereka akan tetap memilih Anda.
5. Jadikan Bisnis Yang Berpetualang
Petualangan memang hal yang mengasyikan
bagi siapa pun. Selain mendapat hal yang baru, petualangan akan membuat
kita kembali segar dan bersemangat kembali. Begitu pula dalam bisnis,
jika Anda mampu membuat bisnis Anda bertema petualangan baik untuk
pelanggan dan Anda sendiri sebagai penguasaha, maka Anda tidak akan
kesulitan untuk mempertahankan para pelanggan setia Anda serta Anda akan
lebih mudah membangun bisnis berlangganan Anda.
EmoticonEmoticon