
Pelanggan setia bagaikan “darah” yang
terus mengalir dan dibutuhkan untuk kelangsungan hidup sebuah
perusahaan. Para pebisnis tentunya menyadari akan lebih mudah dan cepat
menjual produk maupun jasa kepada seseorang yang telah memiliki kesan
baik sebelumnya, bukan?
Pentingnya kehadiran pelanggan tetap
membuat banyak pemilik badan usaha berusaha semaksimal mungkin untuk
mempertahankannya. Lalu, seperti apa langkah yang wajib diperhatikan
pebisnis profesional agar konsumen kembali melakukan pembelian? Yuk,
simak informasi selengkapnya berikut ini:
1. Lakukan Yang Terbaik
Hal pertama yang wajib dilakukan agar
konsumen tetap setia memakai produk maupun layanan Anda adalah
membuatnya tetap senang. Cari tahu apa yang mereka inginkan, dan
pastikan mereka menemukannya pada produk yang Anda tawarkan.
Pastikan Anda memenuhi segala janji yang
telah dibuat dan menjaga kualitas agar pelanggan tetap puas. Jika
konsumen mendapatkan kesan baik dari layanan yang diberikan, maka dapat
dipastikan mereka akan datang kembali dengan senang hati tanpa paksaan.
2. Mengucapkan Terimakasih
Anda dapat memulai proses menjadikan
konsumen baru sebagai pelanggan tetap dengan mengucapkan “terima kasih”
begitu mereka setuju melakukan pembelian. Anda dapat menunjukkan rasa
terima kasih itu sengan berbagai cara, mulai dari memberikan kartu
ucapan terima kasih hingga mengundang makan malam.
Pastikan ungkapan terima kasih ini
sesuai dengan nilai pembelian yang dilakukan konsumen. Jika Anda baru
saja setuju menjual produk atau jasa senilai ratusan juta rupiah yang
memiliki potensi cukup cerah di masa depan misalnya, jangan takut untuk
mengeluarkan uang lebih untuk mengungkapkan rasa terima kasih.
3. Jangan Takut Berkembang
Setiap interaksi dengan konsumen adalah
sebuah kesempatan untuk mempelajari kebutuhan mereka, kemudian menanam
benih untuk pengembangan bisnis selanjutnya. Jika perusahaan yang
dipimpin bergerak dalam bidang penjualan tiket pesawat dan telah
memiliki pelanggan tetap misalnya, Anda dapat mengembangkan sayap dengan
menawarkan jasa tambahan seperti tour and travel kepada sang konsumen
tersebut.
Tentu saja pengembangan bisnis baru
tersebut belum tentu langsung dapat dinikmati hasilnya, namun
kepercayaan yang telah bangun dapat menjadi pijakan untuk menghasilkan
aliran uang tambahan di masa depan.
4. Ikuti Perkembangan Konsumen
Mengikuti perkembangan konsumen cukup
esensial dilakukan, terutama jika pelanggan Anda termasuk orang-orang
penting. Anda dapat memasang layanan Google Alerts untuk konsumen khusus
sehingga jika ada berita terbaru dari mereka tentang pencapaian terbaru
dapat segera ditindaklanjuti, seperti dengan sekadar mengucapkan
selamat atau yang lainnya.
5. Bangun Kepercayaan
Membangun kepercayaan bukan hanya
dibutuhkan di awal penjualan-pembelian produk sebab hal itu sangat
diperlukan untuk membangun hubungan dengan konsumen. Terdapat banyak
cara yang bisa digunakan agar kepercayan tetap terjaga, seperti dengan
memastikan kualitas produk atau memberikan penjelasan detail mengenai
barang dan jasa yang ditawarkan.
Anda juga dapat membangun kepercayaan
dengan memberitahu limitasi barang dan jasa yang ditawarkan. Tentu saja
pemberitahuan ini harus diikuti dengan solusi untuk menanganinya
6. Mencari Cara Membantu Konsumen
Banyak konsumen berpindah bukan karena
produk dan layanan tak memuaskan, namun karena mereka merasa tidak
diapresiasi. Cara paling tepat untuk mempertahankan pembelian
selanjutnya adalah dengan mengikuti perkembangan konsumen dan
menawarinya berbagai layanan yang Anda miliki.
Anda juga dapat memberitahu konsumen
mengenai produk maupun layanan terbaru dengan harapan mereka tertarik
dan datang untuk melakukan transaksi. Mempertahankan pelanggan
setia dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan
bisnis sekaligus meningkatkan keuntungan perusahaan. Tentu saja hal
tersebut tidak datang dengan sendirinya karena memerlukan proses cukup
panjang.
Anda dan divisi penjualan harus mampu
membentuk tim solid yang mampu membangun kepercayaan pelanggan serta
memberikan informasi berharga kepada konsumen. Dengan melakukan hal ini,
Anda dapat memastikan perusahaan akan terus mengalir dengan lancar dan
tak perlu khawatir kehilangan pelanggan. Selamat mencoba.
EmoticonEmoticon