Judul blog merupakan salah satu komponen
penting untuk mendatangkan traffic blog yang tinggi. Mengapa? Karena
judul blog merupakan pintu gerbang untuk bisa menarik seseorang untuk
mengklik tautan blog kita di mesin pencari atau membaca keseluruhan
artikel kita.
Karena itu Judul blog yang akan kita
tulis harus diperhatikan dengan seksama dan diusahakan semenarik
mungkin. Untuk itu berikut akan disampaikan beberapa konsep judul
artikel blog yang mampu menarik pembaca dan akhirnya mampu meningkatkan
traffic blog kita.
1. Judul Berisi Pro dan Kontra
Konsep judul yang pertama adalah pro kontra. Dalam bahasa Inggris, konsep judul ini disebut dengan discussion text.
Konsep ini tergolong jenis judul artikel dengan konten yang jelas dan
mudah. Konsepnya sendiri adalah mengenai perbandingan atau pertentangan
seperti membandingkan produk atau layanan, atau juga untuk pertentangan
hal lain seperti baik buruk suatu perbuatan dan aktivitas tertentu.
Untuk merancang judul seperti ini,
kita bisa menggunakan beberapa ide pertentangan dan perbandingan berikut
ini, misalnya, “Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger”, “Dampak
Postif dan Negatif dari Media Sosial”, atau “WordPress vs Blogspot:
Studi Platform Blog terbaik”, dan lain sebagainya.
2. Kata “Panduan” di Dalam Judul
Ditilik dari namanya, maka bisa
dipastikan bahwa konsep judul ini adalah konsep yang berhubungan dengan
tutorial, tips, panduan, atau cara. Dengan demikian maka tulisan pada
judul harus mengandung isi sebuah prosedur atau instruksi. Begitu pula
dengan isi artikel yang harus menjelaskan lebih detail panduan atau
instruksi yang telah ditulis dalam judul.
Dalam bahasa Inggris konsep teks di dalam judul seperti ini disebut procedure text.
Contoh judul panduan yang bisa Anda buat adalah “Panduan Lengkap
Merawat dan Mengembangkan Blog Secara Profesional”, “Cara Paling Mudah
Meraih Peringkat Satu di Google” atau “10 Tips Ampuh Menghadapi Ujian
CPNS” dan lain sebagainya.
3. Buka Rahasia
Sebuah kata “rahasia” tentu akan sangat
membuat orang lain penasaran. Tidak hanya dalam bahasa verbal, pada
sebuah tulisan kata “Rahasia” seringkali juga membuat orang dan pembaca
penasaran untuk membuka link atau membaca keseluruhan artikel. Walau
sebenarnya setelah dibaca ada beberapa artikel yang tidak mencerminkan
alias tidak begitu bersifat rahasia sekali.
Namun terlepas dari kasus tadi, faktanya
kata “rahasia” memang menjadi kata sakti untuk mengundang perhatian
orang pada artikel yang kita tulis. Tetapi harus diingat jangan sampai
Anda mengecewakan pembaca dengan membuat judul “Rahasia” ini dengan
sesuatu yang ternyata tidak sesuai.
Anda harus tetap mencoba dan berusaha
agar isi artikel tetap koheren dengan judul blog. Dalam istilah asing,
konsep judul seperti ini disebut dengan explanation text.
Contoh penulisan judul ini misalnya, “Rahasia Mendapatkan Peringkat #1
di Google Terungkap”, “10 Rahasia Internet Marketer Yang Tak Pernah
Terungkap”, dan lain sebagainya.
4. Humor dan Satir
Jangan takut untuk sesekali membuat
judul artikel yang bernada humor atau satir (menyinggung) sekalipun.
Namun, memang Anda tetap perlu berhati-hati ketika membuatnya. Sesuaikan
dengan target pembaca blog Anda dan jangan sampai menjurus pada hal
yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
Judul-judul humor dan satir seperti ini
acapkali digunakan oleh beberapa media massa sebagai headline beritanya.
Tujuanya jelas untuk memancing pembaca agar ikut larut dalam isi atau
konten yang nantinya dijabarkan. Dalam dunia blogging, judul semacam ini
juga mulai banyak digunakan oleh beberapa kalangan blogger, terutama
para blogger yang seringkali menulis essai.
Saat emosi pembaca mulai terbawa setelah
melihat judul, maka mereka biasanya akan segera membaca habis artikel
yang Anda buat dan hal ini tentu akan menambah tingkat traffic blog
Anda. Contoh penulisan judul ini adalah “Pengen Kaya? Jangan Baca
Artikel Ini Ya!”, “10 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti
Blogging”, “Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya Tapi Anda Akan Tahu Cara
untuk Kaya!” dan lain sebagainya.
5. Negasi
Terakhir, konsep judul artikel blog yang
bisa Anda gunakan untuk menarikperhatian pembaca adalah Negasi. Dalam
konsep ini tulisan Anda akan digiring untuk menggunakan kalimat atau
frasa yang sedikit berbau negatif. Dengan kata dan frasa yang demikian,
maka rasa penasaran pembaca biasanya pasti muncul.
Taktik ini pada awalnya akan menimbulkan
rasa tidak nyaman, rasa takut, atau rasa tidak menyenangkan kepada
pembaca. Namun setelah dijelaskan pada isi artikel maka semuanya akan
terjawab.
Seperti konsep judul humor dan satir,
taktik ini juga harus digunakan dengan sangat hati-hati dan isi artikel
juga harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Contoh konsep judul
ini misalnya, “Mengapa Blog Gratisan Tidak Akan Menghasilkan
Uang?”, “Mengapa Tanpa SEO Situs Anda Akan Kandas”, “20 Alasan Kamu Akan
Segera Diputusin Pacar”, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.
EmoticonEmoticon